Teknologi telekomunikasi dan komputasi terus berkembang dalam rangka membentuk
lingkungan pendidikan global. Komponen penting adalah perkembangan IT yang merupakan suatu tolak ukur kesiapan suatu negara menuju Negara maju. Selanjutnya Internet sebagai aspek yang semakin signifikan dalam mempengaruhi Daya Saing Global suatu negara. Saat ini Negara-negara berkembang sangat gencar dalam penyebaran Koneksi internet dan IT. Ada beberapa factor oleh kombinasi kebijakan, permintaan konsumen, dan pemecahan masalah teknologi.
Oleh karena itu, guru hendaknya mampu dan terampil merencang skenario perangkat pembelajaran matematika berbantuan komputer. Mampu menggunakan program-program “siap
pakai” untuk menyusun alat bantu mengajar matematika dengan aplikasi komputer
misalnya : Sketpath, Graping Calculator, Geogebra, WxMaxima, Microsofh Math,
Edmundo, Aplet dan Macromedia Flash.
Beberapa pelatihan / diklat online dibutuhkan untuk lebih mengefektifkan pelatihan sesuai kebutuhan sekarang memberikan pemahaman tentang penggunaan berbagai aplikasi media komputer dalam pembelajaran matematika dan bagaimana cara mengembangkan pembelajaran matematika berbantuan komputer
Dan akhirnya perlu adanya keseimbangan IPTEK dan IMTAQ, demi terlaksananya kemajuan dibidang teknologi dan moral secara bersamaan untuk mencapai kesejahteraan dan perdamaian.
Tantangan kita ke depan adalah Pendidikan ke arah sistem E-training sebagai wujud perkembangan IPTEK, menurut Kita sanggupkah guru dan siswa menjalankan sistem ini? mengingat saat ini, masih banyak guru yang belum sadar IT dan siswa belum terjangkau dengan internet atau sudah terjangkau tapi bandwitnya masih lemah. Ada jawaban dari salah satu guru bahwa semua komponen penting, namun yang terpenting saat ini adalah GURUnya SIAP ICT lebih dahulu.Melengkapi sarananya sambil jalan dan dilengkapi satu persatu. Hal ini masuk akal, karena didunia ini tidak ada kata tidak mungkin. Asalkan kita berusaha untuk memperkenalkan IT yang awalnya ke guru terus merambah ke murid sedikit demi sedikit nanti semua pada melek IT. Memang semua harus dibarengi kesadaran semua pihak dari pemerintah, dan semua elemen masyarakat untuk mendukung program ini.
Kewajiban kita sekarang adalah optimis bahwa sistem ini bisa dijalankan. Sekarang teknologi berkembang dengan pesat, membuat lebih mudah pekerjaan kantor terutama guru, baik dalam membuat perangkat pembelajaran dan penilaian. Guru-guru juga sudah tanggap dengan perubahan ini, termasuk memfasilitasi diri dengan membeli laptop atau komputer pribadi. Pokoknya ada kemauan pasti ada jalan “Man Jadda Wajada”.
Mengingat zaman semakin modern, perkembangan IT semakin melesat.Guru sebagai pendidik sekaligus mentrasfer ilmu harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Media pembelajaran sebagai salah satu faktor untuk menyampaikan ilmu harus mengadopsi perkembangan IT. Untu memudahkan dalam belajar.Guru harus siap dan melekk IT, dan didukung penuh oleh kebijakan sekolah dalam hal sarana prasarana. Jika antara guru dan sekolah saling sinergis, insyaallah akan manghasilkan penerus bangsa yang siap manghadapi zaman.
Kita sepakat bahwa guru dan siswa dapat menjalankan pendidikan E training, lebih di jaman globalisasi seperti sekarang tentunya akan ketinggalan kalau tidak mau mengikutin. apalagi guru harus bisa/mampu menguasai IT jangan sampai kalah dengan muridnya dan guru harus sadar tentang pentingnya penguasaan IT kalau ada kemauan tentunya ada jalan dan tidak bosan-bosanya selalu belajar dan belajar dari berbagai sumber dan tidak malu untuk bertanya kepada yang lebih menguasai yang jelas guru tidak boleh kalah dengan muridnya.
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
(Hisyam Hidayatullah-UNRIKA BATAM)
lingkungan pendidikan global. Komponen penting adalah perkembangan IT yang merupakan suatu tolak ukur kesiapan suatu negara menuju Negara maju. Selanjutnya Internet sebagai aspek yang semakin signifikan dalam mempengaruhi Daya Saing Global suatu negara. Saat ini Negara-negara berkembang sangat gencar dalam penyebaran Koneksi internet dan IT. Ada beberapa factor oleh kombinasi kebijakan, permintaan konsumen, dan pemecahan masalah teknologi.
Oleh karena itu, guru hendaknya mampu dan terampil merencang skenario perangkat pembelajaran matematika berbantuan komputer. Mampu menggunakan program-program “siap
pakai” untuk menyusun alat bantu mengajar matematika dengan aplikasi komputer
misalnya : Sketpath, Graping Calculator, Geogebra, WxMaxima, Microsofh Math,
Edmundo, Aplet dan Macromedia Flash.
Beberapa pelatihan / diklat online dibutuhkan untuk lebih mengefektifkan pelatihan sesuai kebutuhan sekarang memberikan pemahaman tentang penggunaan berbagai aplikasi media komputer dalam pembelajaran matematika dan bagaimana cara mengembangkan pembelajaran matematika berbantuan komputer
Dan akhirnya perlu adanya keseimbangan IPTEK dan IMTAQ, demi terlaksananya kemajuan dibidang teknologi dan moral secara bersamaan untuk mencapai kesejahteraan dan perdamaian.
Tantangan kita ke depan adalah Pendidikan ke arah sistem E-training sebagai wujud perkembangan IPTEK, menurut Kita sanggupkah guru dan siswa menjalankan sistem ini? mengingat saat ini, masih banyak guru yang belum sadar IT dan siswa belum terjangkau dengan internet atau sudah terjangkau tapi bandwitnya masih lemah. Ada jawaban dari salah satu guru bahwa semua komponen penting, namun yang terpenting saat ini adalah GURUnya SIAP ICT lebih dahulu.Melengkapi sarananya sambil jalan dan dilengkapi satu persatu. Hal ini masuk akal, karena didunia ini tidak ada kata tidak mungkin. Asalkan kita berusaha untuk memperkenalkan IT yang awalnya ke guru terus merambah ke murid sedikit demi sedikit nanti semua pada melek IT. Memang semua harus dibarengi kesadaran semua pihak dari pemerintah, dan semua elemen masyarakat untuk mendukung program ini.
Kewajiban kita sekarang adalah optimis bahwa sistem ini bisa dijalankan. Sekarang teknologi berkembang dengan pesat, membuat lebih mudah pekerjaan kantor terutama guru, baik dalam membuat perangkat pembelajaran dan penilaian. Guru-guru juga sudah tanggap dengan perubahan ini, termasuk memfasilitasi diri dengan membeli laptop atau komputer pribadi. Pokoknya ada kemauan pasti ada jalan “Man Jadda Wajada”.
Mengingat zaman semakin modern, perkembangan IT semakin melesat.Guru sebagai pendidik sekaligus mentrasfer ilmu harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Media pembelajaran sebagai salah satu faktor untuk menyampaikan ilmu harus mengadopsi perkembangan IT. Untu memudahkan dalam belajar.Guru harus siap dan melekk IT, dan didukung penuh oleh kebijakan sekolah dalam hal sarana prasarana. Jika antara guru dan sekolah saling sinergis, insyaallah akan manghasilkan penerus bangsa yang siap manghadapi zaman.
Kita sepakat bahwa guru dan siswa dapat menjalankan pendidikan E training, lebih di jaman globalisasi seperti sekarang tentunya akan ketinggalan kalau tidak mau mengikutin. apalagi guru harus bisa/mampu menguasai IT jangan sampai kalah dengan muridnya dan guru harus sadar tentang pentingnya penguasaan IT kalau ada kemauan tentunya ada jalan dan tidak bosan-bosanya selalu belajar dan belajar dari berbagai sumber dan tidak malu untuk bertanya kepada yang lebih menguasai yang jelas guru tidak boleh kalah dengan muridnya.
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
(Hisyam Hidayatullah-UNRIKA BATAM)
Komentar
Posting Komentar